Selasa, 16 Desember 2008

Semangat memBARA

I Love Bara. Makanya gw beli bukunya dan nonton VCD nya sampe 2x. Who is Bara? Itu lohhh si tukang masak yang nongol tiap sabtu pagi di trans TV, di acara Gula-Gula, jam 8 pagi setelah acara Mak Nyuss nya pak Bondan Winarno.

Gw nonton Bara udah sekitar 3 tahun. Dulu saking cintanya sama mas Bara, gak bisa pergi kalo belum nonton acaranya, jadi apapun kegiatan di sabtu pagi pokoknya harus tunggu sampe mas Bara selesai masak. Hehehe....

Pada dasarnya gw emang suka nonton acara masak memasak di TV, dari wok with yan, selera nusantaranya Rudi Choirudin, acaranya bu Siska Suwitomo, lomba masak antar Koki yang ada di Indosiar, sampe acara masak di TV7 yang host nya Tora Sudiro dan menurut gw ancur abiess. Emang gw suka masak? Enggak hobi sih, kalo untuk ukuran orang yang jago masak, pasti gue masuk kategori gak bisa masak... ya pokoknya suka aja nonton acara masak memasak di TV.

Suatu hari gw liat Bara. Bara Pattiradjawane. Dan gw jatuh cinta. Bara ini beda. Kalo diliat fisiknya gak kayak koki, ateltis. Rambutnya di highlight, gayanya asik banget. Kalo masak juga gak pake celemek apalagi pake baju putih ataw topi koki yang tinggi itu. Cukup pake t-shirt gambar kartun atau polo shirt, celana jeans atau celana pendek. Masaknya juga gak di dapur, bisa di mana aja yang penting ada meja. dulu pas awal acara gula-gula emang berback ground dapur, tapi sekarang gak lagi.

Kalo masak, cukup pake kompor gas portable, wajan anti lengket, spatula, mangkok, sutil, pengocok, kadang pake oven kecil, pokoknya alat masaknya simple banget dan pasti ada di rumah. Bahan-bahan yang di pake juga gak ada yang aneh, pokoknya gampang banget di dapet.

Tapi apa sie yang bikin gw klepek klepek tiap kali nonton kang Bara? Gayanya pas bawa acara dongs! Kalo ngomong semangat, artikulasi jelas, ada intonasinya, gak kaku kayak koki-koki yang lain, trus dah pasti sambil senyum, kadang-kadang celetukannya lucu, trus dia bisa nerangin cara masak jadi kelihatan mudah.. tapi gak pelit ilmu, sering banget kasih tips-tips penting yang kita gak tau sebelumnya... pokoknya presentasinya menarik banget dan dia keliatan enjoy banget sama memasak, dan bikin kita ikutan ngerasa enjoy dan juga pengen coba. Kalo liat acaranya gak kerasa tau-tau udah 30 menit berlalu. Bara itu apa adanya, gak dibuat-buat. Oiya yang menarik, dia suka nunjukin kejagoannya, ngelempar pancake dari wajan misalnya, hehehe dan si Bara ini jarang ada bintang tamunya, jadi seringnya kalo udah masak dia makan sendiri makanannya abis itu muji-muji sendiri kalo masakannya enak. Hehehehe.

Gw pengen kayak bara. Ya bukan sebagai tukang masak, tapi tukang ngajar. Ngajar dengan semangat kayak Bara, mengajar dengan menyenangkan, gak dibuat-buat, artikulasi jelas, ada intonasi, gak kaku, pasti harus senyum, bisa nerangin sesuatu yang sulit jadi mudah, gak pelit ilmu dan bikin murid-murid gw enjoy waktu lg di kelas gw...
Mengajar dengan semangat memBARA!

Tidak ada komentar: